» Detail Berita

Kamis, 05 April 2018 - 10:13:42 WIB
Lesson Study for Learning Center
Diposting oleh : Kaprodi
Kategori: Akademik - Dibaca: 96 kali

Sabtu, 31 Maret 2018. Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Hamzanwadi (IAIH) mengadakan program seminar yang bertajuk Implementasi LSLC (Lesson Study Learning Center) di Birrul  Walidain. Acara ini sendiri dihadiri oleh berbagai kalangan, mulai dari guru, mahasiswa, dosen dan staf pengajar. Dalam acara ini pihak panitia mengundang narasumber dari dosen Universitas Hamzanwadi salah satunya yakni ketua program studi pendidikan biologi Universitas Hamzanwadi Dr. Baiq Fatmawati, M.Pd. Beliau sendiri pernah mengikuti training mengenai Lesson study langsung di negara tempat lesson study ini dikembangkan, yakni Jepang.

Lesson study sendiri merupakan salah satu bentuk kegiatan untuk mengkaji pembelajaran melalui perencanaan dan oservasi bersama yang bertujuan untuk memotivasi siswa siswa-siswanya aktif belajar mandiri. Lesson study sendiri dikembangkan pertama kali di Jepang sekitar tahun 1960 dan dikenal dengan konaikenshu dalam bahasa Jepang yang terdiri dari dua kata yakni konai berarti sekolah dan kenshu yang berarti training. Jadi istilah konaikenshu dapat berarti school based in service training atau inservice education within the school. Belakangan ini Lesson study banyak diadopsi oleh berbagai negara, salah satunya di Indonesia. Di Indonesia sendiri lesson study berkembang melalui IMSTEP (Indonesian Mathematics and Science Teacher Education Project) yang diimplementasikan sejak oktober tahun 1998 di tiga IKIP, yakni IKIP Bandung (sekarang Universitas Pendidikan Indonesia), IKIP Yogyakarta (sekarang Universitas  Negeri Yogyakarta), dan IKIP Malang (sekarang Universitas Negeri Malang) yang bekerjasama dengan JICA (Japan International Cooperation Agency).

Lesson study sering diimplementasikan dalam pembelajaran di Universitas Hamzanwadi, bahkan universitas hamzanwadi pernah menyelenggarakan seminar berkelas internasional bertajuk International Conference of Lesson Study (ICLS). Khusus untuk program studi pendidikan biologi penggunaan pola lesson study ini sudah banyak dirasakan manfaatnya dalam upaya meningkatkan kualitas pembelajaran. Melihat manfaat yang didapatkan, implementasi lesson study ini terus digalakkan oleh program studi pendidikan biologi bahkan banyak sekali penelitian-penelitian yang diangkat baik oleh dosen maupun mahasiswa yang berkaitan dengan lesson study. Selain itu program studi pendidikan biologi juga aktif dalam menyebarkan informasi tentang lesson study bahkan sering menjadi mentor bagi sekolah-sekolah yang tertarik melakukan implementasi pola lesson study pada pembelajaran mereka.



Berita Terkait

Ke Atas