» Detail Berita

Selasa, 25 September 2018 - 13:44:14 WIB
Olimpiade Biologi (BIOLIPID) dan Pelatihan Budidaya Jamur Tiram HMPS Pendidikan Biologi
Diposting oleh : Kaprodi
Kategori: Kemahasiswaan - Dibaca: 34 kali

Rabu, 24 Juli 2018. Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi (HMPS) kembali membuat gebrakan besar, yakni dengan mengadakan lomba olimpiade biologi se-pulau Lombok yang dirangkaikan dengan acara pelatihan budidaya jamur tiram. Acara ini disambut antusias oleh berbagai kalangan, mulai  dari siswa, guru, bahkan kepala sekolah. Ini dibuktikan dengan jumlah peserta yang hadir bahkan memenuhi kursi dari ruangan yang disediakan. Acara dilaksanakan selama 2 hari berturut-turut terhitung dari tanggal 24-25 Juli 2018 bertempat di gedung Fakultas Teknik Universitas Hamzanwadi. Olimpide Biologi BIOLIPID tahun ini menjadi edisi pertama dari rencana program unggulan HMPS Biologi, karena pada tahap awal lomba terdiri dari 3 mata lomba yakni Olimpiade Teori, Lomba Proyek Sains dengan tema Pengolahan Limbah Anorganik, dan Lomba Mini Fotografi.

Acara pembukaan dilaksanakan tanggal 24 Juli 2018 dan dihadiri dan dibuka langsung oleh kaprodi pendidikan biologi Dr. Baiq Fatmawati, M.Pd, dan pembina HMPS pendidikan biologi Muhammad Marzuki, M.Pd. Pada hari yang sama juga dilaksanakan perlombaan mulai dari olimpiade teori, lomba proyek sains, dan minifotografi. Olimpiade teori diikuti oleh 27 peserta yang berasal dari 14 sekolah. Olimpiade teori dirancang terdiri atas dua babak, yakni babak penyisihan dan babak final. Setelah melewati seleksi pada tahap penyisihan maka diambil 10 peserta dengan nilai tertinggi untuk menjalani babak penentuan yakni babak final. Setelah melewati babak final akhirnya ditentukan 3 juara yang memperoleh nilai terbanyak yakni masing-masing juara I atas nama Dena Aulia Restu A. perwakilan dari SMAN 1 Aikmel, Juara II Bq. Nurmala Wulandari perwakilan dari MAN 1 Lotim, dan Erdiawati yang berhasil meraih juara III perwakilan dari MAN I Lotim.

Pada lomba proyek sains ini mengambil tema pengolahan limbah organik. Dalam lomba ini diikuti oleh 6 tim yang berasal dari 5 sekolah. Masing-masing tim terdiri dari 3 orang, tim membawa proyek dalam bentuk prototipe yang sudah dibuat kemudian dipresentasikan didepan juri. Presentasi dilakukan dengan media berupa slide power point. Juri dalam lomba ini adalah dosen pendidikan biologi yakni Dr. Baiq Fatmawati, M.Pd dan Dr. Marhamah, M. Pd. Setelah dilakukan penjurian didapatkan pemenang  yakni juara I dengan karya “ Miniatur Drumb dari Tempat Tissue” yang merupakan karya dari siswa-siswi MAN 1 Mataram, Juara II didapatkan dengan karya berjudul “Pesta Mangan” karya dari siswa-siswi MAN 1 Lotim, sedangkan juara III berhak diperoleh dengan karya “Kap Lampu” karya dari siswa-siswi SMAN 1 Wanasaba.

Lomba mini fotografi kali ini bertemakan tumbuhan tingkat rendah dan diikuti oleh 11 peserta. Dalam lomba ini peserta mengirim hasil foto yang diambil sendiri dengan objek tumbuhan tingkat rendah dan selanjutnya dinilai oleh juri. Juri dalam perlombaan ini yakni pembina HMPS pendidikan biologi Muhammad Marzuki, M.Pd. Setelah dilakukan penilaian didapatkan juara yakni juara I atas nama Nikmatul Bidayah siswi dari MA Muallimat NW Pancor, Juara II atas nama Didik Rahmadi siswa dari SMAN 2 Selong, dan juara III atas nama M. Syafrizal Widiatma.

Selain olimpiade HMPS pendidikan biologi juga mengadakan acara pelatihan budidaya jamur tiram. Kegiatan ini merupakan agenda yang rutin diadakan tiap tahun oleh HMPS pendidikan biologi dan merupakan salah satu kegiatan unggulan. Acara dilaksanakan pada tanggal 25 Juli 2018 digandeng dengan acara penutupan sekaligus pemberian hadiah dan penghargaan kepada para siswa yang memenangkan lomba. Hal ini dimaksudkan untuk memberikan pengetahuan tentang proses budidaya jamur tiram tidak hanya untuk mahasiswa biologi saja, akan tetapi untuk kalangan umum lebih-lebih untuk siswa sekolah menengah. Hal ini relevan dengan konsep mahasiswa sebagai agen of change  dan agen of control yang selalu memberikan perubahan terutama dalam bidang pendidikan khsususnya pendidikan biologi. Pelatihan budidaya jamur tiram dibagi menjadi dua sesi yakni penyampaian materi secara teoritis dan praktik. Untuk teori disampaikan oleh Muhammad Marzuki, M.Pd dari Nathan Institute, sedangkan untuk praktik dimentori oleh salah satu alumni program studi pendidikan biologi yang sekarang terkenal sukses sebagai pengusaha muda jamur tiram di Lombok Timur yakni Syamsul Muttaqin, S.Pd. Pelatihan ini diikuti oleh berbagai kalangan, baik siswa maupun umum, bahkan ada juga peserta yang jauh-jauh datang dari Lombok Tengah bahkan Kota Mataram hanya untuk mengikuti pelatihan tersebut. Tentu ini merupakan hal yang sangat disyukuri oleh panitia dengan melihat antusiame berbagai kalangan untuk mengikuti program tersebut.

Acara penutupan sekaligus pengumuman dan pembagian hadiah bagi para siswa yang berhasil menjadi jawara pada perlombaan yang diikuti dilaksanakan setelah pelatihan usai. Acara ditutup langsung oleh kaprodi pendidikan biologi sekaligus beliau menyerahkan hadiah kepada para juara.

Melihat antusiasme peserta baik peserta olimpiade maupun peserta pelatihan jamur tiram tahun ini maka diharapakan ini menjadi pelecut semangat dan sekaligus motivasi bagi mahasiswa anggota HMPS pendidikan biologi dapat melaksanakan kegiatan-kegiatan serupa sebagai bagian dari kontribusi terhadap memajukan pendidikan. Selain itu hal ini juga sebagai ajang untuk menarik minat dan menjadi penambah refrensi bagi siswa yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang perkuliahan bahwa di daerah Lombok Timur terdapat salah satu universitas terbaik di NTB yakni Universitas Hamzanwadi.



Berita Terkait

Ke Atas