» View Jurnal

PENGARUH PENERAPAN STRATEGI TANDUR PADA MODEL PEMBELAJARAN PETA KONSEP TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK PEMBAHASAN VIRUS PADA SISWA KELAS X SMA NW TEBABAN TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015
Abstrak:

SUPRIADI. 10220044. (2014).

Pengaruh penerapan strategi TANDUR pada model pembelajaran peta konsep terhadap hasil belajar siswa pada pokok pembahasan virus kelas X SMA NW Tebaban tahun pembelajaran 2014/2015. Skripsi Program Studi Pendidikan Biologi, Jurusan Ilmu Pendidikan STKIP Hamzanwadi Selong.

Pembimbing :

(I) M.Sururuddin M.Pd,

(II) Drs,H.Artajab M.Pd

Kata kunci : Strategi TANDUR dan MetodePeta Konsep

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh eksperimentasi metode pembelajaran strategi TANDUR dengan media peta konsep terhadap efektivitas belajar biologi siswa kelas X SMA NW Tebaban Tahun Pembelajaran 2014/2015.

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi eksperimental), Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah one-shot case study. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA NW Tebaban . Cara pengambilan sampelnya adalah sampling jenuh. Sampel dalam penilitian ini sebanyak 20 siswa.tehnik pengumpulan data dilakukan dengan metode tes.

Hasil penelitian setelah dilakukan uji hipotesis ini diperoleh harga t hitung  = 1.82, apabila harga t hitung dikonsultasikan pada tabel dk = n1+n2 – 2 = 38 pada taraf signifikan 5% adalah 1.686, ternyata t hitung lebih besar dari pada t tabel, maka hipotesis Ha diterima sedangkan Ho ditolak. Sehingga terdapat pengaruh positif dan segnifikan dari penggunaan metode strategi TANDUR dengan media peta konsep terhadap efektivitas belajar biologi siswa kelas X SMA NW Tebaban tahun pembelajaran 2014/2015.


Penulis : SUPRIADI
Download File (168)

Ke Atas